Sunshine Recorder



Sunshine Recorder merupakan alat perekam lama penyinaran matahari yang terekam oleh terbakarnya pias. Alat ini ditemukan sarjana Gaelik Skotlandia Iain Ile Og pada tahun 1853, yang dikenal dalam bahasa Inggris sebagai John Francis Campbell. Kemudian perangkat ini diadaptasi dan diperbaiki pada tahun 1879 oleh Sir George Gabriel Stokes dari Universitas Cambridge seorang matematikawan dan fisikawan yang dikenal karena karya pentingnya dalam dinamika fluida, fisika dan matematika serta optik.



Alat ini terdiri dari bola kaca dan mangkuk logam yang mengelilingi bagian belakang bola kaca. Sepotong kertas rekam yang telah dikalibrasi kepekaannya terhadap panas dipasang pada bagian lengkung. Cara kerjanya adalahpada saat matahari muncul, sinarnya menerangi bola gelas melewatinya, kemudian sinar difokuskan dan membakar kertas pias yang diletakkan di belakangnya. Intensitas radiasi matahari tecatat pada kertas tersebut dalam jam menit serta hari ukurnya.

Spesifikasi Sunshine Recorder
Tipe : Campbell - Stokes
Jenis : Tropis
Rentang pengukuran : Jam 06.00 - 18.00
Diameter bola gelas : 10 cm 



Walaupun pembacaan yang dibuat oleh Sunshine Recorder sulit untuk ditafsirkan, namun telah digunakan selama bertahun-tahun. Jejak atau tanda pada kertas pias kadang terbakar terlalu dalam yang menjadi tantangan tersendiri untuk membacanya. Menariknya, ada versi elektronik dari perekam sinar matahari Campbell-Stokes. Pembacaan intensitas penyinaran matahari menggunakan model elektronik biasanya lebih sederhana, sehingga lebih disukai. Pembacaan kemudian dikonversi ke penilaian Campbell-Stokes, menjadikan data lebih mudah untuk dibandingkan.

Versi baru dari sunshine recorder campbell stokes disebut Solarimeter

No comments: