Barometer


Barometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur tekanan udara.Pertama kali ditemukan oleh Evangelista Torricelli, seorang ahli fisika berkebangsaan Italia. Ia lahir di Faenza, Italia, pada tanggal 15 Oktober 1608 dan meninggal di Florence pada tanggal 25 Oktober 1647 pada umur 39 tahun.
Penemuannya dihasilkan dari percobaan yang ia lakukan berdasarkan saran-saran Galileo yang ia diterima sebelum meninggal. Dalam percobaanya Torricelli menggunakan tabung kecil sepanjang satu meter berisi air raksa sampai penuh lalu lubangnya ia tutup dengn jari. tabung tersebut dibalik dan ujungnya dicelupkan ke dalam bejana berisi air raksa pula. Kemudian jari penutup tabung ia lepaskan dari tabung. Air raksa dalam tabung turun dan menimbulkan ruang hampa udara. Ruang hampa ini kemudian terkenal dengan nama ruang hampa Torricelli. Ternyata setelah Ia ukur tinggi air raksa dalam tabung tersebut sebesar 76 sentimeter.
Selama beberapa hari Torriceli mengamati bahwa tinggi air raksa dalam tabung selalu berubah – ubah. Akhirnya ia tahu bahwa hal itu disebabkan oleh tekanan udara. Tekanan air raksa setinggi 76 sentimeter itu kemudian disebut tekanan satu atmosfer.

Barometer konvensional dilengkapi dengan thermometer untuk mengetahui suhu udara dalam ruangan. Alat ini tidak boleh terkena sinar matahari atau angin secara langsung. Dipasang tegak lurus pada dinding yang kuat, dengan ketingggian bejana 1 meter dari lantai.
Cara penggunaan : Baca termometer yang menempel pada barometer kemudian stel nonius sehingga menyinggung permukaan air raksa, lalu baca skala barometer.

Harga : EUR 167.00
Harga : IDR Call

No comments: