Termometer Maksimum Minimum

Termometer Maksimum dan Minimum adalah alat untuk mengukur suhu maksimum dan minimum dalam jangka waktu tertentu. Termometer dipasang dengan alat penunjuk skala yang terletak diatas permukaan air raksa. Termometer jenis ini pertama kali diperkenalkan oleh James Six Bellani yang kemudian lebih dikenal dengan termometer maksimum-minimum six bellani.
Termometer Maksimum Minimum bekerja dengan adanya katup pada leher tabung dekat bohlam. Saat suhu naik, air raksa didorong ke atas melalui katup oleh gaya pemuaian. Saat suhu turun, air raksa tertahan pada katup dan tidak dapat kembali ke bohlam membuat air raksa tetap di dalam tabung. Pembaca kemudian dapat membaca temperatur maksimum selama waktu yang telah ditentukan. Untuk mengembalikan fungsinya, termometer harus diayun dengan keras.

Temperatur Maksimum
Fungsi
Termometer maksimum berfungsi untuk mengukur suhu maksimum yang terjadi dalam 1 hari dan diamati setiap jam 12:00 UTC atau jam 19:00 WIB. Hasil baca suhu maksimum harus lebih tinggi atau serendah-rendahnya sama dengan suhu udara hasil pembacaan dari termometer bola kering yang tertinggi pada hari yang bersangkutan

Pengamatan Suhu Udara Maksimum
- Baca termometer maksimum dengan cepat dan cermat sampai persepuluh derajat terdekat
- Setelah dibaca keluarkan termometer dengan hati-hati
- Pegang bagian ujungnya dengan baik dimana bagian bolanya ada di bawah
- Ayun/dikibas-kibaskan termometer tersebut berulang-ulang dengan lengan tetap lurus sampai air raksa yang terputus tersambung kembali dengan sempurna
- Kembalikan termometer maksimum tersebut ke tempatnya semula dengan hati-hati
- Pada saat mengembalikan, termometer maksimum harus dipegang dengan dua tangan sedikit miring dengan bagian bolanya lebih rendah dan bagian bolanya diletakkan terlebih dahulu kemudian baru bagian ujung tabungnya.

Temperatur Minimum
Fungsi
Termometer minimum berfungsi mengukur suhu minimum yang terjadi dalam 1 hari dan diamati setiap jam 00:00 UTC atau jam 07:00 WIB. Hasil bacasuhu minimum harus lebih rendah atau setinggi-tinggi sama dengan suhu udara hasil pembacaan dari termometer bola kering yang terendah pada hari yang bersangkutan. Pengamatan Suhu Udara.

Pengamatan Suhu Udara Minimum
- Pada pengamatan suhu minimum skala yang dibaca adalah skala yang ditunjuk oleh ujung indeks yang terletak lebih jauh dari bola termometer
- Baca termometer minimum dengan cepat dan cermat sampai persepuluh derajat terdekat
- Setelah dibaca, keluarkan termometer dengan hati-hati
- Pegang termometer dan miringkan dengan bolanya berada lebih tinggi agar indeksnya meluncur ke bawah sampai berhenti menempel pada minikus (alkohol)
- Kembalikan termometer minimum tersebut ketempatnya semula dengan hati-hati
- Pada saat mengembalikan, termometer minimum harus dipegang dengan dua tangan sedikit miring dengan letak bolanya lebih tinggi dan bagian ujungnya diletakkan terlebih dahulu kemudian bagian bolanya diletakkan dengan hati-hati agar ujung indeks tetap menempel pada miniskus.

Estimasi Harga : Rp. 2.000.000,-



Liat produk lainnya / Another view : Timex TX1002 9-Inch Tube Thermometer with Metal Bracket

No comments: