AWS Kapal

Mungkin para pengunjung blog ini sudah mengetahui apa itu AWS Kapal. Bisa jadi yang dimaksud adalah AWS yang dipasang di kapal ya.., atau ada pengertian yang lebih spesifik?
Kebetulan sekali saya beberapa hari yang lalu ikut kapal JATRA dari Bakauheni Lampung menuju Merak Banten. Tepatnya Sabtu Pagi sekitar pukul 5.30 WIB kapal berangkat, jadi kondisinya cukup mendukung untuk jalan-jalan dan meliat pemandangan selat sunda.

Di atas kapal saya lebih suka memandang laut dan menikmati udaranya. Lalu saya teringat kalau di kapal pun terpasang AWS dan ternyata benar saya menemukannya di bagian paling atas kapal. Saya pun sempat mengabadikannya walau hanya dengan kamera hp nokia 2700. Fotonya mungkin kurang begitu jelas juga berukuran kecil...tapi lumayan buat pengobat rasa penasaran saya.

Setelah mencari kesana kemari akhirnya saya temukan juga pengertiannya. AWS Kapal merupakan seperangkat alat pengamat cuaca otomatis yang ditempatkan di kapal dan didesain secara khusus untuk mendukung kegiatan VOS (Voluntary Observing Ship) untuk memantau beberapa unsur meteorologi di sepanjang jalur pelayaran kapal dan berfungsi sebagai alat rekam dan pemantau kondisi meteorologis yang konsisten dan akurat.
Kalau diperhatikan gambar tersebut memang tidaklah begitu berbeda dengan AWS umumnya yang terdiri dari sensor arah dan kecepatan angin, suhu dan kelembapan, juga tekanan. Tapi   ternyata aws kapal ini dilengkapi pula dengan sensor kompas dan sensor gps. Sensor ini sepertinya digunakan untuk mengetahui posisi kapal di lautan.

Berikut bagian-bagian AWS Kapal :

Sensor
- Ultrasonic Wind Speed and Wind Direction
- Temperatur and Humidity Sensor
- Pressure sensor
- Compas Sensor
- GPS Sensor
- Rain Sensor

Data Logger
- Datalogger
- Enclosure
Sistem Aplikasi Perekaman, Pengolahan Dan Tampilan
- PC Server
- PC Host/Laptop
- Software

Komunikasi Data
- Modem
- Switch Hub
- Software
Power Supply
- Battery
- Solar Panel

No comments: