Automatic Weather Station (AWS)

Automatic Weather Station merupakan stasiun cuaca otomatis yang mengamati keadaan cuaca suatu wilayah seperti temperatur, kelembaban udara, curah hujan, radiasi matahari, kecepatan dan arah angin, temperatur tanah dan kadar air tanah. Data-data keadaan cuaca tersebut secara otomatis direkam dan disimpan dalam memori komputer maupun media lainnya.
Pada saat ini telah dikembangkan sistem pemantaun cuaca dengan mengaplikasikan sistem telemetri dimana perekaman data dilakukan sesaat dengan interval 6-59 menit, data setiap jam, dan data rata-rata tiap hari, bahkan telah bisa dilakukan secara realtime-online. Pengiriman data secara periodik melalui SMS dan atau melalui jaringan komputer sehingga dapat dimonitor dari tempat-tempat yang diinginkan dan data hasil pengamatan dapat disimpan dalam database yang telah dibangun.



Automatic Weather Station (AWS) terdiri dari beberapa bagian antara lain,
1. Sensor-sensor
Umumnya terdiri dari :
- Sensor Kecepatan dan Arah Angin
- Sensor Temperatur
- Sensor Kelembaban Udara (Rh)
- Sensor Radiasi Matahari Global maupun Net
- Sensor Curah Hujan
- Sensor Temperatur tanah
- Sensor Kadar Air Tanah
Sampai saat ini sensor-sensor tersebut lebih banyak berasal dari luar negeri.

2. Data Logger
Data logger adalah sebuah alat elektronik yang berfungsi mencatat data dari waktu ke waktu baik yang terintegrasi dengan sensor dan instrumen didalamnya maupun ekternal sensor dan instrumen.
Produk luar : CampbellSci, Seba, dll
Produk lokal : Smartdatalogger

3. Catu Daya
Catu Daya berasal dari battery dan solar panel

4. Penangkal Petir
Berfungsi untuk menetralisir arus bertegangan tinggi dan mengamankan peralatan AWS baik sensor maupun peralatan lainnya.
Diantaranya : Kurn (Lokal), Neoflash, Leader (Prancis), Leitai (Cina)

5. Sistem Akuisisi Data
Merupakan sebuah sistem pengukuran penomena fisik atau listrik seperti tegangan, arus, temperatur dari sensor AWS oleh perangkat akuisisi data yang diteruskan ke komputer untuk diolah dan ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik.

6. Sistem Komunikasi Data
Terdiri dari modem komuniksi dan software

7. Sarana Penunjang
Berupa tiang, pagar dan komputer



AWS Pertanian

No comments: